Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Progresi Chord dan Contoh

Progresi chord atau progresi akor ( Chord Progression ) yang akan dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar sehingga mudah dimengerti.

Progresi chord artinya chord yang bergerak maju secara bertahap. Dalam pengertian ini merujuk pada serangkaian chord seperti di bawah ini ( contoh dalam nada dasar C ).

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar progresi chord c major


Keterangan :

Penggunaan chord major menggunakan angka Romawi huruf besar dan yang minor menggunakan huruf kecil. Untuk Bdim biasanya menggunakan huruf kecil namun ada juga yang menggunakan huruf besar. Selain itu ada juga yang menggunakan tanda o di atas sebagai tanda diminished.

Dalam garis paranada chord di atas akan lebih terlihat bertingkat dan bertahap.

Lihat gambar di bawah ini sebagai contohnya.



Jadi yang dimaksud dengan progresi chord itu seperti susunan di atas. Dalam pemakaiannya, setiap menggunakan chord di atas maka disebut progresi chord. Contohnya jika kita menggunakan 3 chords tingkat iii, IV, V atau Em, F, G ini disebut ascending progression ( naik ). Jika kita menggunakan chords secara acak misalnya I, IV, V atau C, F, G ini juga disebut progresi chord.

Contoh lain : I, IV, vii, iii, vi, ii, V, I = C, F, Bdim, Em, Am, Dm, G, C disebut Circle Progression C major.

Dalam penggunaannya progresi chord tidak dibatasi oleh banyaknya jenis chords. Anda bisa saja menggunakan 3 chord, 4 chords atau lebih dari itu, bahkan 2 chord juga bisa disebut progresi chord.

Asal tahu saja bahwa arti progresi chord ini tidak seragam, maksudnya banyak perbedaan antara sumber yang satu dengan sumber yang lain, misalnya sebagai berikut :

Progresi chord artinya perpindahan dari satu chord ke chord lain.

Progresi chord artinya serangkaian chord yang dimainkan dalam sebuah putaran.

Progresi chord artinya perpindahan chord maju ke tingkat lebih tinggi.

Semoga postingan ini bermanfaat.



Referensi :

En.wikipedia

Beberapa website luar