Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Substitusi

Chord substitusi atau akor substitusi adalah chord pengganti, di sini dibahas dengan menggunakan contoh notasi dan video / audio sehingga mudah dimengerti.

Biasanya arranger atau musisi yang cukup handal seringkali menggunakan chord pengganti, terutama dalam genre musik jazz. Mereka berusaha mencari chord pengganti yang mantap. Oleh sebab itu chords jazz seringkali terdengar “miring” dan sangat berbeda dengan chords umum.

Didalam musik pop juga dikenal chord substitusi. Pada umumnya pemakaian chord pengganti ini agar tidak monoton sekaligus harmonis. Lalu bagaimana caranya mencari chord pengganti ?

Saya belum pernah menemukan rumus baku dari chord pengganti, namun jika anda mau belajar chord pengganti tentunnya anda harus tahu not pembentuk chord. Contohnya chord C memiliki notasi pembentuk C, E G atau do, mi, sol ( 1, 3, 5 ). Setelah tahu tentang itu kemudian harus tahu Famili Chord, maksudnya chords yang berhubungan dengan nada dasar tersebut. Contoh Famili Chord dari C adalah Dm, Em, F, G, Am dan Bdim.

Kalau anda sudah tahu banyak tentang chord dan not pembentuknya, anda bisa belajar sendiri atau mencari sendiri chord substitusi dari not yang ada pada lagu. Misalnya dalam sebuah bar terdapat not 1 ( do ) bernilai 1 ketuk dan tanda diam 1 ketuk dalam birama 4/4, mungkin orang menggunakan chord C jika nada dasarnya C.

Sebenarnya tidak harus chord C, itu bisa saja diganti dengan chord Am atau F, bergantung pada not sebelumnya dan selera. Mungkin bisa diganti oleh Am, mungkin bisa diganti oleh F. Dalam hal ini Am dan F bisa dijadikan chord pengganti dari C. Alasannya karena Am juga punya not pembentuk do, susunan Am adalah 6, 1, 3 dan F punya not pembentuk do, chord F adalah 4, 6, 1. Dengan kata lain dari 3 chords ( C, F, Am ) ada not yang dimiliki oleh ketiga chords tersebut yaitu not do. Jadi kalau mau menggunakan chord pengganti harus tahu notasi lagu yang bersangkutan.

Sebagai contoh sederhana chord substitusi / akor pengganti bisa dilihat di bawah ini.

C diganti oleh Em atau Am

Dm diganti oleh F atau Bb

Em diganti oleh G atau C

F diganti oleh Am atau Dm

G diganti oleh Bm atau Em

Am diganti oleh C atau F

Sebenarnya belum komplit, tapi sudah cukup untuk yang sedang belajar chord pengganti. Coba praktekkan chord pengganti di atas dalam nada dasar C. Cari lagu yang anda suka.

Tidak semua chord substitusi di atas bisa dipakai, karena jika tidak sesuai dengan notasi lagu akan mengakibatkan fals atau tidak masuk. Jadi anda harus pintar-pintar melihat notasi lagu (sesuaikan dengan notasi lagu). Misalnya jika chord C baiknya diganti oleh Em atau Am atau jangan diganti.

Supaya anda mendapat gambaran tentang chords pengganti, di bawah ini adalah penggalan notasi lagu Ibu Kartini disertai chord yang biasa digunakan.


gambar akor pengganti gabung


Perhatikan :

Pada gambar 1, ada 2 bar hanya menggunakan chord C

Pada gambar 2, kedua bar itu diberi 3 chords yakni Em, Gm dan C7.

Ketiga chords itu adalah chord pengganti dan chord jembatan.


Semoga bermanfaat.