Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backing Track 5 Garuda Pancasila

Latihan membaca not balok atau not angka menggunakan backing track lagu Garuda Pancasila. Dengan cara ini belajar melodi lagu maupun melodi improvisasi lebih menyenangkan.

Lagu Garuda Pancasila adalah salah satu lagu wajib yang diciptakan oleh Sudharnoto. Baiklah kita lihat dalam notasi angka.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


notasi garuda pancasila track not angka


Dalam notasi balok


notasi garuda pancasila track not balok


Jika not angka dan not balok di atas dimainkan akan menghasilkan suara yang sama.

Sebelum berlatih, sebaiknya stem terlebih dahulu alat musiknya agar standar, setelah itu coba mainkan notasi di atas. Kalau sudah bisa, silakan mainkan dengan mengikuti video di bawah ini. Notasi mulai dimainkan setelah mendengar 3 ketuk suara snare drum. Dengan kata lain masuk pada ketukan keempat.



Musik di atas bisa dipakai untuk latihan melodi lagu Garuda Pancasila juga bisa digunakan untuk belajar improvisasi melodi.

Jika anda ingin tahu, betul atau tidak yang anda mainkan, silakan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika sama dengan video artinya anda benar membaca notasi di atas.



Dalam dunia musik, musik tanpa vocal atau melodi lagu bisa disebut backing track atau karaoke atau Minus One. Jika anda ingin lebih tahu tentang istilah backing track silakan baca postingan yang berjudul Arti Backing Track.

Baca juga postingan lain untuk memperdalam bermain melodi anda dalam judul

Backing Track 1 O Ina Ni Keke

Backing Track 2 Bungong Jeumpa

Backing Track 3 Bubuy Bulan

Backing Track 4 Indonesia Pusaka

Semoga postingan ini bermanfaat.