Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backing Track 4 Indonesia Pusaka

Latihan membaca not balok dan not angka menggunakan backing track lagu Indonesia Pusaka nada dasar C. Latihan seperti ini akan lebih menyenangkan daripada tanpa backing track.

Lagu Indonesia Pusaka termasuk lagu wajib yang diciptakan oleh Ismail Marzuki. Baiklah kita lihat notasi angka dan notasi balok lagu tersebut.

Klik gambarnya untuk memperbesar.



Not angka dan not balok di atas jika dimainkan suaranya sama. Sebelum memainkan notasi di atas sebaiknya stem dulu alat musiknya agar standar. Setelah itu coba mainkan notasi di atas. Jika anda sudah bisa, silakan mainkan dengan mengikuti video di bawah ini. Notasi mulai dimainkan setelah mendengar 3 ketuk suara bas drum.



Kegunaan video di atas, selain untuk latihan melodi lagu Indonesia Pusaka, bisa juga digunakan untuk belajar improvisasi melodi.

Kalau ingin tahu yang anda mainkan betul atau tidak, silakan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika sama dengan video artinya anda benar.



Musik tanpa vokal atau melodi lagu disebut backing track, juga disebut Minus One ( karaoke ). Jika anda ingin lebih tahu tentang istilah / definisi backing track silakan baca postingan yang berjudul Arti Backing Track.

Untuk memperdalam bermain melodi, buka postingan lain yang berisi backing Track lagu daerah di antaranya,

Backing Track 1 O Ina Ni Keke

Backing Track 2 Bungong Jeumpa

Backing Track 3 Bubuy Bulan

Semoga postingan ini bermanfaat.