Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backing Track 2 Bungong Jeumpa

Latihan membaca not balok dan not angka dengan dengan backing track lagu Bungong Jeumpa dari Aceh. Cara seperti ini cukup menyenangkan untuk belajar melodi lagu dan improvisasi.

Bungong Jeumpa adalah lagu daerah provinsi Aceh yang terkenal, nama pencipta lagu tidak diketahui. Baiklah kita lihat not angka dan not balok lagu tersebut di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


not angka dan not balok lagu bungong jeumpa


Not angka dan not balok di atas persis sama jika dimainkan. Di dalam notasi tersebut ada tanda pengulangan pada verse ( bait ) dan chorus atau orang sering menyebutnya refrain. Jika anda ingin lebih tahu tanda pengulangan silakan baca postingan yang berjudul Garis Bar ( Barline ).

Notasi di atas saya ambil dari sebuah buku, namun ketika saya mendengar dari youtube – ternyata ada perbedaan di bagian akhir. Saya tidak tahu notasi aslinya, apa notasi yang ada pada buku tidak tepat atau penyanyi di youtube menggunakan variasi ( hanya informasi saja ).

Inti dari postingan ini adalah belajar melodi lagu dengan cara membaca notasi. Selain itu belajar melodi improvisasi melalui backing track lagu tersebut ( bagi mereka yang sedang belajar improvisasi melodi ). Jika anda ingin belajar improvisasi silakan baca postingan berjudul Cara Improvisasi Melodi dan Cara Improvisasi Melodi Part 2.

Berikutnya coba mainkan notasi di atas. Jika sudah bisa, silakan mainkan dengan mengikuti video di bawah ini. Notasi mulai dimainkan setelah terdengar 4 ketuk suara snare drum.



Musik di atas bisa dipakai untuk latihan melodi lagu Bungong Jeumpa, juga bisa bisa digunakan untuk belajar improvisasi melodi. Susunan notasi angka atau balok di atas sama persis dengan yang ada dalam video.

Jika anda ingin tahu, betul atau tidak yang anda mainkan, silakan cocokkan dengan video di bawah ini. Jika sudah sama artinya anda sudah bisa membaca dengan baik lagu ini.



Dalam dunia musik, musik tanpa vocal atau melodi lagu disebut backing track. Jika anda ingin lebih tahu / mengerti istilah backing track silakan baca postingan yang berjudul Arti Backing Track.

Baca juga postingan lain untuk memperdalam bermain melodi anda dalam judul.

Backing Track 1 O Ina Ni Keke.

Backing Track 3 Bubuy Bulan.

Semoga bermanfaat.