Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bas Rock And Roll Part 2

Cara bermain bas Rock And Roll yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video pakai gitar, sehingga mudah dimengerti.

Bas rock and roll umumnya menggunakan notasi 1, 3, 5, 6 dan 6# atau C, E, G, A, dan A# ( untuk nada dasar C ). Kadang ada juga yang menambahkan not 4 ( F ). Dari notasi itu lalu dikombinasikan sehingga menghasilkan variasi-variasi bas yang harmonis.

Baiklah kita lihat contoh bas rock and roll di bawah ini,

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi bas rock and pada not balok


Keterangan :

Angka 1 sampai 5 adalah variasi bas 1 sampai 5 ( ada 5 variasi ), dimainkan pada bas C. 

Variasi 1 adalah bas C – E – G

Variasi 2 adalah bas C – E – G – F – E

Variasi 3 adalah bas C – E – G – A – G

Variasi 4 adalah bas C – C – E – E – G – G – A – G

Variasi 5 adalah bas C – E – G – A# - A# - A - G


Variasi bas di atas bisa dijadikan referensi bagi anda yang belum tahu cara bermain bas rock and roll. Maksudnya jika suatu saat anda bermain musik rock and roll pada sebuah band atau main gitar bersama teman, anda bisa menggunakan salah satu dari bas di atas. Cari bas yang paling cocok dengan lagu / musik yang dimainkan.

Pada notasi di atas hanya menggunakan chords / akor C dan G, biasanya rock and roll standard menggunakan 3 chords, misalnya C7, F7 dan G7 untuk nada dasar C. Selain itu rock and roll standard memiliki jumlah bar yang baku misalnya 12 bar.

Untuk memperjelas notasi di atas lihat video di bawah ini.



Dalam video ada tulisan variasi 1, 2, 3, 4 dan 5. Variasi itu disesuaikan dengan gambar notasi di atas. Dengan kata lain jika notasi di atas dibaca maka suaranya akan seperti pada video.

Sebenarnya jarang bermain rock and roll dengan nada dasar C. Namun saya menggunakan nada dasar C agar lebih mudah membaca notasinya.

Paling enak ( menurut saya ) bermain dengan nada dasar A. Posisi basnya berada di tengah dan main melodinya akan lebih leluasa. Namun ini hanya selera.

Dalam rock and roll standar umumnya susunan chords-nya ( dalam nada dasar A ) begini :

A7 = 4 bar

D7 = 2 bar

A7 = 2 bar

E7 = 1 bar

D7 = 1 bar

A7 = 1 bar

E7 = 1 bar


Semuanya 12 bar. Coba anda buka youtube dan cari musik rock and roll. Kebanyakan menggunakan susunan chords seperti di atas.

Semoga postingan ini berguna.