Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chords Yang Unik ( Akor )

Jika anda pemain gitar atau keyboards atau alat musik pengiring yang menggunakan ritem ( genjrengan ) tentu tidak asing dengan chords.

Di dalam chords gitar ada 2 macam yang menurut saya unik ( lain daripada yang lain ).

Pertama :

Power chord, keunikan dari power chord adalah memiliki 2 not, sementara chords yang lainnya memiliki paling sedikit 3 not. Dalam power chord 2 not tersebut adalah not 1 ( Do) dan 5 ( Sol ). Kalau dalam chord C berarti notasinya C ( Do ) dan G ( Sol ). Lihat gambar di bawah untuk melihat power chords dalam alat musik gitar.

Keunikan lainnya adalah power chord bisa disandingkan dengan chord minor dan major. Jika anda bermain dalam chord major maka teman anda bisa memainkan power chord untuk chords major tersebut. Misalnya anda bermain chord G dan teman anda bermain power chord G, ini tidak masalah. Kemudian jika anda bermain Chord G minor dan teman anda bermain power Chord G, juga tidak masalah. Tetapi power chord bukanlah chord major maupun minor.

Power chord bisa disandingkan dengan chord minor, major dan dominant tetapi tidak bisa disandingkan dengan chord diminished dan augmented. Jika anda ingin tahu lebih tentang chord, silakan baca postingan yang berjudul Mengerti Chords / Akor.

Gambar power chords dalam chords C.


gambar power chord pada gitar


Power chord ini biasanya digunakan pada musik rock. Dengan menggunakan power chord memindahkan chord akan lebih mudah jika berpindah cepat. Biasanya power chord ini untuk ritem / genjrengan. Cara menggenjrengnya seringkali menggunakan Teknik Palm Mute. Silakan klik jika ingin tahu teknik itu.

Kedua :

Chords diminished 7, keunikan dari chord ini adalah jika kita mainkan chord Cdim7 misalnya, lalu kita naikkan 1 1/2 ( satu setengah ) atau turunkan 1 1/2 nada, maka hasilnya akan sama dengan dengan Cdim7. Perbedaannya hanya terletak pada posisinya - semacam inversi chord.

Lihat gambar chords Cdim 7 di bawah ini.


gambar chord cdim7 pada gitar


Yang berwarna putih itu adalah chords Ebdim 7 tapi bisa juga disebut Cdim7, F#dim7 dan Adim7. Susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah sebagai berikut : Eb, A, C dan F#.

Yang berwarna merah susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah : F#, C, Eb, dan A

Yang berwarna hijau susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah : A, Eb, F# dan C

Yang berwarna kuning susunan notasinya dari atas (bas) ke bawah : C, F#, A, dan Eb

Perhatikan semua notasinya, semuanya memiliki 4 not yang sama.

Jika anda bermain musik kemudian ada chords Cdim7 maka anda juga bisa mengganti chords itu dengan Adim7. Singkatnya pilih yang paling dekat.

Chords diminished 7 ini salah satu chord kesukaan saya karena chord ini bisa dijadikan sebagai Chord Substitusi sekaligus bisa digunakan sebagai passing chord.

Semoga postingan ini bermanfaat.